Minggu, 30 Juni 2013

Kisruh Pemilihan Lurah

   Tanggal 30 juni kemaren dikelurahan gua ada pemilihan lurah gitu, awalnya gua cukup excited banget cos honestly it's my first general election. Sekitar jam 10 pagi gua sama nyokap berangkat ke lapangan dikampung sebelah buat nyoblos. Ngeliat antrian yang segitu banyak dan ramenya langsung bikin gua males.
   Ada 3 pintu masuk, 1 pintu masuk untuk laki-laki dan 2 pintu buat perempuan. Gua ngikut ngantri dr belakang dipintu pertama sama nyokap dan ibu-ibu lainnya. Dengan sabar sambil panas-panasan gua ngantri dan maju selangkah demi selangkah. Lama kelamaan antrian makin mengular, yang gua heran adalah setelah 20 menit kenapa gua gak maju-maju, stuck disana terus, gak taunya banyak banget emak-emak rempong yang dandanannya pada heboh tapi pada nyelang -_- . Gua pun protes tapi langsung diem ketika yang gua protes lebih nyolot dari gua. Dalam hati gua maklumin, kalo gua ikut nanggepin ngomel-ngomel juga yang ada suasana makin panas dan takut terjadi keributan soal'a dari gaya-gayanya si emak-emak hebring ini udah siap tarung, yang ada ntar gua kualat lagi ribut sama emak-emak. Akhirnya gua biarin, karena antriannya panjang banget dr awal gua dateng dan baris sekitar 1 jam  deh baru gua bisa masuk ngelewatin pintu pemeriksaan data pemilihan dan dapet kertas suara.
   Setelah kelar nyoblos, gua sempetin buat memperhatikan kerumunan suporter. Ada yg berkumpul pake atribut warna biru dan kuning, saling meneriakkan yel-yel penyemangat walau ditengah terik panas matahari. 
   Saat dilapangan tadi ada beberapa hal yang gua sadarin bakal terjadi *semacam vision ato feeling kali yee, haha.* gua pun ngomong ke nyokap: 
   "Mah, tadi pas aku ngantri ada ibu-ibu heboh banget ngomong kata-kata yang agak-agak gimanaaaa gitu (kata-kata yang gua denger itu semacam kaya provokasi, jadi pas dia lagi ngomong ada yang bales jadinya maen kata-kataan begitu dah)."

   Eh nyokap gua cuma senyum-senyum dan jawabnya santai:
"Ya itulah seninya pemilihan lurah, selalu lebih rame dan lebih antusias dari pada pemilihan presiden atau pemilihan lainnnya."
"Bukan, Mah. Kayanya nanti bakal ada yang ribut-ribut gitu deh." 
   "Enggak lah!" 
   Percakapan pun berakhir, nyokap gua nganggep itu hal yang wajar-wajar aja cuma karena antusiasme masyarakat aja bukan tanda-tanda bakal ribut gua pun diem dan ngelupain semua yang ada dilapangan tadi.
 
   Nah sorenya pas mau magrib, saat proses perhitungan suara sedang berlangsung, gua liat polisi banyak banget lewat depan rumah katanya mereka mau ngeliat kondisi lapangan. Buat gua itu adalah one of sign kalo bakal ada keributan. Eh gak lama berselang, bener aja kan feeling gua. Ada orang yang bonyok dikeroyok massa yang ngedukung salah satu calon lurah yang gak terima kalo calon yang mereka jagoin itu kalah dan mereka itu udah bawa
bawa senjata kaya balok kayu gitu. Mereka ngincer kantor kelurahan, diacak-acaklah isi kantor kelurahan. Bahkan kantor kelurahan aja gak cukup, mereka juga ngerusak kantor kecamatan (Sepatan).
   Semua calon lurah diamanin terutama 2 calon yang suporternya ribut. Rumahnya dijaga ketat sama anggota polisi dan beberapa TNI dari koramil setempat untuk menhindari kejadian buruk karena massa yang mengamuk.
   Buat gua hal terkonyol dari kejadian ini adalah, mereka ngamuk ketika pengitungan suara belum kelar malah belum dihitung ampe separuhnya, tapi mereka udah rusuh duluan. Seakan gak bisa terima (kenyataan) kalo calon yang mereka jagoin itu kalah, padahal belum ada ketentuan siapa yang menang dan siapa yang kalah.
   Untuk mengindari keributan lebih lanjut pun polisi mengamankan kotak suara. Tapi para massa yang gak terima ini ngerebut kotak suara dari polisi dan kertas suara hasil pemilihan pun dibakar dikantor kecamatan.

   Ini gambar dari kantor kelurahan yang gua liat pagi ini, sisa-sisa kerusuhan terlihat jelas banget didalam kantor. Banyak banget berkas-berkas yang berceceran didalam. Cuma gua gak bisa ngambil gambar dengan  bebas karena takut memicu keributan laennya jadi intinya gambar ini diambil secara sembunyi-sembunyi.

Ini suasana bagian luarnya, tampak agak wajr-wajar aja kecuali sedikit kertas yang berserakan dan jendela yang bolong tak berkaca. Tapi bagian dalamnya berantakan banget, banyak banget kertas yang berserakan.


Ini dibagian luarnya, pagar bagian depan dan samping kanan roboh dan ada lemari rusak.













   Kejadian ini memang sangat memalukan, semoga digenerasi yang akan datang kejadian seperti ini tidak akan pernah ada lagi dimana pun itu.
   Demokrasi merupakan satu budaya yang bagus, jangan rusak semarak demokrasi dengan membuat kerusuhan.
  Berhubung gua adalah anak yang lumayan aktif  berorganisasi jadi gua udah beberapa kali dicalonkan untuk menjadi kandidat tertentu.. beberapa kali gua menang dan beberapa kali juga gua kalah. Yang gua tau dalam sistem demokrasi itu kita harus siap menghadapi hasilnya, Kita siap untuk menang tapi kita juga harus siap untuk kalah. 
   
   Kuncinya adalah menyerahkan baik/buruk kah hasilnya nanti pada Tuhan. Percayalah apa yang diberikannya hari ini adalah apa yang kau butuhkan dan yang terbaik untukmu!
*God's will*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar